Beranda » Plt Bupati Padang Lawas Serahkan Bantuan Kemensos RI Akibat Bandang Akhir 2021 Lalu.

Plt Bupati Padang Lawas Serahkan Bantuan Kemensos RI Akibat Bandang Akhir 2021 Lalu.

 

Padang Lawas, Gardanasionalnews.com – Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., menyerahkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada Korban yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Selasa (27/9/22).

Penyerahan bantuan BBR dilaksanakan Balai Desa Tamiang, Plt. Bupati didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Panguhum N, MAP., Kepala Inspektorat Harjusli FS, SST., Plt. Kadis Kesehatan Amelia RN, SKM., Kakan Satpol Agus SD, SH., MH., Kakan Kesbang Alhaji AS.

Turut hadir Camat Batang Lubu Sutam M.Daniel H, SH., S.Pdi., Branch Manager PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan Dimas Agus Prasetyo, Kades se Kecamatan Batang Lubu Sutam, tokoh masyarakat dan Ormas Ikatan Pemuda Karya.

Mengawali sambutan dan arahannya Plt Bupati atas nama Pemkab Padang Lawas mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Provsu, Kemensos RI khususnya Direktorat Jenderal Jaminan Sosial dan Ketua Komisi IX Iskan Kolba Lubis yang telah menjembatani dan memberikan dukungan sehingga bantuan BBR terealisasikan kepada masyarakat yang terdampak di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

“Walaupun bantuan ini belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat tetapi ini adalah rezeki yang harus kita syukuri dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya. Ini uang negara yang harus dipertanggungjawabkan.”

“Maka untuk itu belanjakan lah uang ini untuk alat alat bangunan rumah kemudian buat dan sampaikan bon atau kuitansinya. Progres pertanggungjawaban bantuan tahap I akan menjadi acuan kita untuk mengucurkan bantuan tahap II,” pesan Plt. Bupati.

Baca Juga :  Personil Satpolair Polres Tanjungbalai Hentikan Kapal Tanpa Nama Saat Melakukan Patroli Perairan Guna Pemeriksaan

Plt Bupati Padang Lawas mengatakan Pemda tidak tinggal diam, pihaknya telah berkoordinasi agar bantuan lain termasuk pembangunan beton disisi sungai sebagai pengendali banjir telah di upayakan ke Kementerian PUPR paling lambat tahun depan akan dibangun agar masyarakat aman dari banjir.

Sebelumnya Kadis Sosial H. Ahmad FN, SHI., MPdi., dalam laporannya mengatakan penerima bantuan BBR sebanyak 122 KK dari yang di usulkan ke Kemensos RI sebanyak 132 KK di 6 desa, yakni Desa Tamiang 78 KK, Desa Tanjung Baru 7 KK, Desa Tanjung Barani 23 KK, Desa 6 Manggis, Desa Siadam 6 KK serta Desa Hutabaru 2 KK.

Bantuan BBR total senilai Rp. 2.593.000.000,00 diberikan untuk membantu perbaikan rumah korban yang terdampak banjir bandang dengan kategori kerusakan berat dengan nominal 15 Juta, 17 juta, 20 juta dan 25 Juta rupiah/KK.

Kadis Sosial mengatakan penentuan nominal bantuan merupakan hasil verifikasi dan validasi langsung Kementerian Sosial RI yang beberapa waktu lalu telah terjun langsung menyaksikan menghitung kerugian warga terdampak banjir bandang.

“Bantuan BBR yang dikucurkan ini untuk tahap I sebeser 70% dari nilai yang akan diterima penerima manfaat. Sedangkan 30 % lagi akan kembali dikucurkan setelah selesai pertanggungjawaban dari dana yang diterima pada tahap I. Uangnya diterima langsung oleh penerima manfaat melalui PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan,” Imbuh H.Fauzan

Baca Juga :  Diduga Fitnah Lewat Siaran Pers, Ketua IWO Sumut Akan Pidanakan Dewan Pers

Dalam kesempatan itu Murad Lubis tokoh masyarakat setempat dengan suara yang agak bergetar tanda keharuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Padang Lawas beserta jajarannnya atas perhatiannya kepada korban terdampak banjir bandang.

“Banjir bandang yang lalu sampai saat ini telah memasuki bulan September, pemerintah hadir mengulurkan tangan, memberikan bantuan baik materil maupun dukungan moril sebagai kekuatan bagi warga yang terkena musibah, kiranya yang Maha Kuasa memberikan balasan yang terbaik bagi bapak dan ibu.” Ujarnya.

Sebelumnya Kadis Sosial saat di temui GANAS di ruang kerjanya pada Rabu, (21/9/22) mengakui bantuan Kemensos RI atas dampak banjir bandang sudah ada di Perbankan Mandiri Cabang Sibuhuan namun karena administrasi dana tersebut belum bisa di salurkan.

“Dana masih di perbankan, nantinya akan masuk melalui nomer rekening masing-masing penerima (terdampak) saat ini belum ada yang disalurkan karena masih menunggu proses administrasi,” imbuh Kadis Sosial.

Disinggung pada Januari 2022 Pemda Padang Lawas juga sempat mewacanakan akan memberikan bantuan terhadap rumah masyarakat yang terdampak, apakah wacana tersebut sudah realisasi, Kadis Sosial mengaku pihaknya belum mengetahui hal tersebut.

Robert Nainggolan.

Tinggalkan Balasan