Beranda » Gawatt.Proyek TU di PTPN IV Kebun Unit Balimbingan dikerjakan Amburadul.

Gawatt.Proyek TU di PTPN IV Kebun Unit Balimbingan dikerjakan Amburadul.

 

GardaNasionalnews.com
Simalungun-SUMUTProyek Peremajaan tanaman ulang(TU ) kelapa sawit PTPN IV Kebun balimbingan yang berlokasi di kecamatan jorlang hataran kabupaten simalungun provinsi sumut diduga dikerjakan asal jadi.

Proyek replanting yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut diduga dikerjakan tidak profesional menyimpang dari kerangka acuan kerja (KAK).

Ada pun penyimpangan tersebut antara lain,dilokasi ditemukan areal yang luput tidak diripping dan tidak di luku oleh vendor,ada juga batang sawit ukuran 1 meter yang tidak dicipping dengan benar, hal ini jelas merupakan kecurangan yang sangat brutal dilakukan oleh pihak vendor.aneh nya kebun Unit dan distrik yang berfungsi sebagai pengawas tidak berani melakukan teguran.

Akibat dari pengerjaannya yang tidak proporsional dan menyimpang dari acuan kerja,kedepan sudah tentu akan sangat merugikan keuangan perusahaan.sebab tanaman ulang merupakan proyek investasi jangka panjang PTPN IV.

Hasil investigasi awak media bersama dengan LSM PPLH,selasa, (23/08/2022),menyebutkan bahwa pengerjaan replanting di afdeling 4 kebun Balimbingan dikerjakan oleh vendor “AY” warga tebingtinggi.

Baca Juga :  Polri Tahan 6 Tersangka Peristiwa di Stadion Kanjuruhan

Selain di kebun unit balimbingan Vendor “AY”ini juga mendapat kontrak kerja tanaman ulang di afdeling 2&3 Kebun unit Laras,namun kondisi dan kualitas pekerjaannya tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di afdeling 4 kebun balimbingan,sarat terjadi kecurangan dan penyimpangan,diduga kebun Unit balimbingan dan Distrik yang berfungi sebagai pengawas takut berhadapan dengan vendor “AY” karna infonya “AY” memiliki backing yang cukup kuat di holding perkebunan.

Bengget ST yang merupakan pengiat perkebunan dari LSM PPLH yang ikut kelokasi pekerjaan tanaman ulang replanting di afdeling 4 Kebun Balimbingan menyebutkan, selain pekerjaan ripingan dan lukuan yang tidak sesuai dengan kerangka acuan kerja (KAK), kami juga menemukan banyak sekali Bole yang tidak dibongkar,kami berharap agar manajemen kebun Balimbingan mengarahkan kembali pihak vendor untuk segera memperbaiki pekerjaan nya dan membongkar semua Bole tersebut.

Sebab jika tidak dilakukan perbaikan dan kontrak nya ditutup kita pastikan itu jelas temuan,akan kami surati dan laporkan PTPN IV Kebun Balimbingan ke aparat penegak hukum,karna kami yakin ada indikasi bernuansa korupsi telah terjadi di pekerjaan tanaman ualang tersebut,apalagi kami ada bukti dan sudah pegang (KAK) ujar bengget ST dengan tegas.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Labusel Kembali Berhasil Amankan BD Narkoba di Desa Aek Raso - Labusel

Kami berharap agar Dewan komisaris PTPN IV yang saat ini dibawah pimpinan Dahlan Harahap melakukan sidak ke areal tanaman ulang di afdeling 4 kebun Balimbingan agar melihat kinerja vendor yang amburadul, sehingga bisa memerintahkan jajaran Direksi,SEVP Ops PTPN IV dan SPI untuk segera memeriksa vendor tersebut.

Demi keseimbangan berita,awak media coba melakukan kontak dengan Askep Kebun Unit Balimbingan Fery Saragih melalui pesan Aplikasi Whatsapp,selasa 23/08/2022, sekitar pukul 14.05 WIB terkait buruknya kinerja vendor dan lemah nya fungsi pengawasan,mengucapkan trimaksih atas informasi nya dan berjanji akan memanggil pelaksana vendor dan secepat nya agar memperbaiki pekerjaan nya.Red/tim

Tinggalkan Balasan