Beranda » Pemel Jalinsum “Asal”, Gubsu Edy Tegaslah Bertindak, DBMBK UPTJJ Gunung Tua Belum Amanah

Pemel Jalinsum “Asal”, Gubsu Edy Tegaslah Bertindak, DBMBK UPTJJ Gunung Tua Belum Amanah

 

Padang Lawas. Gardanasionalnews.com – Kegiatan pemeliharaan (pemel) rutin jalan lintas sumatera (jalinsum) Dinas Bina marga dan Bina Kontruksi (DBMBK) Provinsi Sumut, UPTJJ Gunung Tua di Kabupaten Padang Lawas tepatnya pada ruas Jl KH Dewantara Lingkungan VI Pasar Sibuhuan Sigalagala, Kecamatan Barumun di duga asal jadi (05/11/22).

Pengamatan GANAS di lokasi dalam pemeliharaan rutin penambalan atau perbaikan lubang pada jalan terdapat banyak kejanggalan, seperti tidak dilakukannya coak area sehingga lubang jalan yang akan ditambal berbentuk persegi.

Tidak dilakukan pengerukan atau menggali lubang hingga tidak tampak ada material yang mudah terkikis serta tidak dilakukannya isi pelapis atau agregat sebelum diisikan hot mix untuk menambal jalan yang berlubang tersebut. Alhasil walaupun telah diperbaiki namun tetap saja hasilnya kurang maksimal.

Diduga akibat pemeliharaan yang terkesan asal mengakibatkan ondisi jalinsum di beberapa titik jalan penghubung Kabupaten Padang Lawas Utara menuju ke Kabupaten Padang Lawas hingga ke Perbatasan Riau Kabupaten Rokan Hulu kian hari semakin memprihatinkan.

Baca Juga :  Hargai Para Sesepuh, TNI AD Berangkatkan Umroh 102 Veteran Seroja

“Kalau kendaraan sudah bergoyang-goyang dipastikan anda sudah tiba di Kabupaten Padang Lawas,” kata Riswan Effendi Daulay bersama rekannya Iban Siregar dari LSM LPRI Padang Lawas menyindir kegiatan pemeliharaan jalinsum.

Riswan berharap, hendaknya pemeliharaan rutin jalinsum pada pekerjaan penambalan jalan yang sangat penting untuk memperpanjang umur dari jalan untuk kenyamanan, serta keselamatan pengguna jalan, bukan sekedar kegiatan seremonial belaka.

“Ini bukan kegiatan seremonial,ini terkait kenyamanan pengguna jalan kedepan, harusnya ya di rawat sebagai mana SPO yang ada, namun setelah menemui pekerja, kata mereka pekerjaan ini adalah pekerjaan peccing pemeliharaan jalan jadi tidak perlu dilakukan coak area, saya tidak tahu apakah memang seperti itu SOP dari perawatan jalan,” imbuhnya.

“Saya kecewa, memang lubang-lubangnya sudah ditambal, namun hasilnya tidak maksimal. Contohnya hotmix yang baru ditambal banyak didapati mengelupas, material kerikilnya berserakan di jalan dikhawatirkan pengendara roda dua bisa tergelincir, ditambah lagi seperti ada benjolan, sepertinya pemadatan nya juga tidak rata,” beber Riswan keluhkan elevasi tambalan.

Baca Juga :  Pemkab Simalungun Berikan Pelatihan Digitalisasi Desain Produk Bagi Pelaku UMKM

Riswan meminta agar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi serius menyikapi jalinsum di Kabupaten Padang Lawas.

“Kepada Pak Gubernur Edy, beberapa hari yang lalu, bapak sudah ke Kabupaten Padang Lawas, bapak sudah lihat keadaan jalinsum, tetapi melihat pemeliharaan jalan yang terkesan asal, saya tidak yakin kalau bapak peduli, karena pak Gubsu tidak tegas kepada Dinas Bina marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumut, UPTJJ Gunung Tua agar amanah melaksanakan tugasnya,” tandasnya.

Sementara pengawas UPTJJ Gunung Tua Dinas Bina marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumatera Utara belum berhasil ditemui di lokasi, menurut salah satu pekerja (red) pengawas UPTJJ Gunung Tua sedang dijalan.

“Kalau saya hanya pekerja Pak, kalau pengawas sedang di jalan,” ungkapnya.

Robert Nainggolan, Frn

Tinggalkan Balasan